Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Belajar Strumming Gitar (Dilengkapi Gambar, Tabulature dan Video)

belajar genjreng, belajar ngocok, belajar strumming, guitar strumming, strumming basic, belajar gitar, belajar gitar pemula,
Belajar Strumming Gitar

Belajar Strumming Gitar (Dilengkapi Gambar, Tabulature dan Video)


Halo teman-teman semua? Piye kabare? Lama saya tidak update artikel di blog kesayangan ini. Kali ini saya akan membagikan ide bagaimana belajar strumming. Mungkin teman-teman masih asing dengan istilah strumming karena ini diambil dari bahasa Inggris. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa kita "ngocok gitar" atau genjreng gitar. Berhubung kata ini tidak terlalu baku maka saya menggunakan kata "Strumming" saja. Jadi belajar Strumming ya belajar ngocok gitar (bukan ngocok yang lain ya!) atau belajar genjreng gitar. Beberapa teman mungkin kesusahan untuk belajar ini sekalipun mungkin sudah mengenal chord-chord dasar. Belum tahu chord-chord dasar? Silahkan baca di artikel ini.(Baca chord dasar).

Pada dasarnya latihan strumming/ genjreng ini merupakan hal yang wajib untuk dipelajari setelah kalian mengenal chord dasar tadi. Mengapa? Karena ini adalah salah satu seni bermain gitar di samping suara gitar akan lebih terdengar enak kalau strumming/genjreng juga pas apalagi bila bermain dengan gitar akustik. Oleh karena itu, mari kita sama-sama belajar strumming/genjreng.

Berikut tahap-tahap belajar strumming/genjreng

#1. Sediakan metronome


Sebelum belajar ada hal yang perlu diperhatikan dan sebenarnya wajib dimiliki, yaitu metronome. Apakah harus beli? Cukup dengan mendownload software metronome yang banyak di internet. Bila kalian pengguna handphone berbasis android bisa mendownload lewat google play (bukan promosi sebab saya sendiri menggunakan itu). Bila syarat tadi sudah dipenuhi maka kita siap melangkah ke tahap berikutnya. Tapi ingat belajarnya perlahan-lahan.

#2 Sesuaikan tempo


Bila kalian bertanya mengapa harus menggunakan metronome jawaban paling sederhana dan tepat adalah untuk melatih tempo serta koordinasi antara tangan kiri dan kanan. Berapa tempo yang harus digunakan? Itu terserah teman-teman tetapi usahakan dari tempo yang pelan. Dalam video nanti saya menggunakan tempo 84 bpm.

#3 Sesuaikan chord dengan tempo


Nah biasanya yang jadi masalah adalah bagaimana supaya strumming/genjreng saya pas dengan temponya? Perhatikan mulailah dari yang mudah, saya sarankan dengarkan temponya perlahan-lahan. Cara yang paling dasar dan sederhana adalah bunyikan sebuah chord untuk setiap ketuk/beat. Jadi tiap bunyi "klik" pada metronome bunyikan sebuah chord dengan cara menggenjreng/strumming. Untuk lebih jelas lihat gambar berikut !

belajar genjreng, belajar ngocok, belajar strumming, guitar strumming, strumming basic
Basic Guitar Strumming

Contoh tab di atas adalah contoh dasar yang bisa kalian lakukan untuk menjaga tempo dan genjeng/strumming. Lalu kalian juga dapat belajar beberapa variasi yang lain seperti di bawah ini:

Guitar Strumming Pattern 1


Pada variasi pertama ini, saya menggunakan nada dasar G dengan variasi 1x strumming untuk bunyi ketuk pertama dan 2x strumming/genjreng pada ketukan kedua dan begitu perulangannya. Tempo yang saya gunakan sama yaitu 84 bpm

belajar genjreng, belajar ngocok, belajar strumming, guitar strumming, strumming basic,
Contoh Belajar Strumming 1

Guitar Strumming Pattern 2


Pada contoh kedua ini, saya masih menggunakan nada dasar G dengan 2x strumming/genjreng pada  setiap ketuk. Tempo yang saya gunakan masih sama yaitu 84 bpm.
belajar genjreng, belajar ngocok, belajar strumming, guitar strumming, strumming basic,
Contoh Belajar Strumming 2


Guitar Strumming Pattern 3


Pada contoh ini, saya menggunakan variasi 3x strumming untuk bunyi ketuk pertama dan 4x strumming/genjreng pada ketukan kedua dan begitu seterusnya.Tempo yang saya gunakan masih sama yaitu 84 bpm
belajar genjreng, belajar ngocok, belajar strumming, guitar strumming, strumming basic,
Contoh Belajar Strumming 3
Untuk contoh terakhir ini, tab yang lebih lengkap dapat download di link download yang saya sediakan di bawah.

Tanda panah ke atas artinya kalian strumming/genjreng ke arah bawah sedangkan tanda panah ke bawah berarti kalian strumming/genjreng ke arah atas (tarik ke atas)

Mungkin teman-teman masih bingung bagaimana cara mempraktekkannya? Silahkan lihat video berikut :

Keterangan video:
Durasi : 01:21
Tempo : 84 bpm



Video belajar menggenjreng gitar pop dan rock







Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan Tab versi Gambar, Pdf dan guitar pro, silahkan download di sini


Nah, mungkin sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai jumpa pada artikel saya berikutnya. Jrenggg !!!!

Back To Top type='text/javascript'/>