Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Kenapa berlatih teknik bermain gitar dengan metronome?


metronome, tips, tips bermain gitar,

Selamat malam semua! Gimana kegiatan hari ini? Udah sempat main gitar belum? Jawabannya tentu beragam, tapi kalau seorang gitaris sih pasti setidaknya udah meluangkan waktu setengah jam untuk duduk “pacaran” sama gitar. 

Ketika pertama kali memegang gitar pasti kita ingin seperti para shredder kelas dunia seperti John Petrucci, Paul Gilbert yang speed nya luar biasa. Tapi untuk menjadi seperti mereka tentu saja bukan perkara yang gampang bahkan banyak dari kita yang setelah bertahun-tahun bermain gitar tetap saja tidak bisa lebih speed. Ya, itu adalah masalah kita bersama.



Pada artikel ini, saya akan mengulas secara singkat kenapa perlu berlatih teknik gitar dengan metronome, sekaligus menjawab pertanyaan teman saya di facebook beberapa waktu lalu. Sebelumnya saya akan mengaku kesalahan saya kepada para pembaca semua. Mungkin sebagian orang yang melihat video saya di youtube berpendapat seperti ini, “wih speednya luar biasa”. 

Tapi bila anda cermati dengan baik kadang-kadang dapat anda dengar bahwa mungkin ada ketidakharmonisan atau temponya tidak sesuai. Ya itulah sebenarnya salah satu kesalahan saya paling fatal. Berangkat dari seorang yang belajar otodidak, saya sama sekali tidak pernah berlatih menggunakan metronome. Inilah yang jadi sumber “malapetaka” seorang gitaris. Mungkin ketika anda ngejam atau manggung sekalipun hal ini tidak terasa pengaruhnya. Tetapi ketika anda masuk ke dapur rekaman, hal ini baru terasa sangat sangat fatal akibatnya.

Ini adalah pengakuan yang terdalam dari saya sekaligus ingin membuka pikiran banyak orang terutama bagi yang baru belajar main gitar. Jangan memikirkan bermain speed dulu. Mulailah dari tempo yang pelan. JOhn Petrucci ditiap kesempatannya selalu menekankan untuk bermain dengan tempo yang lambat terlebih dahulu.



metronome, tips, tips bermain gitar,
Penggunaan metronome adalah solusi yang tepat dan amat sangat dianjurkan oleh para musisi profesional dan guru-guru musik. Fungsinya adalah supaya tempo permainan kita lebih akurat dan terjaga sehingga kesalahan-kesalahan dapat diminimalisir. Hal ini mungkin sangat membosankan tetapi manfaatnya luar biasa

Menurut salah satu kenalan saya yang tamatan sekolah musik, latihan dengan metronome itu adalah latihan yang paling gampang tetapi juga paling susah. Anda tentu bisa menebak kenapa. Menjaga tempo agar tetap konsisten itu susah, perlu latihan dan kerja keras dan itu dimulai dari tempo yang lambat.

Mungkin beberapa dari anda mungkin berpendapat kalau metronome itu sendiri harganya lumayan mahal. Ada banyak software yang menghadirkan metronome di dalam programnya contohnya saja fruty loop atau bila anda punya hp android bisa mendownload aplikasi Mobile Metronome di google play. Nah, sekarang anda sudah bisa menyimpulkan kenapa berlatih teknik bermain gitar dengan metronome itu sangat penting. Tidak hanya anda, saya sendiripun sedang memperbaiki kesalahan saya selama ini.


Teknis latihannya akan saya ulas di kesempatan lain. Semoga postingan tentang Kenapa berlatih teknik bermain gitar dengan metronome ini bermanfaat bagi kita. Untuk selanjutnya Anda dapat membaca juga bagaimana latihan menggunakan metronome
Back To Top type='text/javascript'/>