Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Persiapan dan Rencana Belajar Home Recording


Persiapan dan Rencana Belajar Home Recording


Halo teman-teman semua, apa kabar? Kali ini saya ingin membahas sedikit tentang kesibukan saya akhir-akhir ini. Ya setidaknya seminggu ini saya mencoba dunia rekaman, skalanya hanya home recording. Saya akan sedikit mensharingkan apa-apa saja persiapan saya untuk home recording ini. Perlu diketahui, saya masih hijau dan benar-benar baru. Persiapan dan rencana ini saya pisahkan karena persiapan meliputi alat-alat yang sudah saya miliki sementara rencana berisi tujuan, mimpi serta segala sesuatu yang belum ada saat ini dan ingin saya dapatkan suatu saat nanti. Home Recording ini sendiri untuk sementara tidak saya publikasikan untuk keperluan bisnis karena saya sendiri dalam tahap belajar dan lebih fokus untuk memproduksi aransemen dan lagu saya sendiri.

PERSIAPAN Home Recording


Persiapan ini meliputi alat-alat yang saya gunakan saat ini. Persiapan yang saya lakukan untuk membangun home recording saya adalah :

#1 Gitar
Saya menggunakan Gitar Gibson Les Paul Costum + senar D'Addario 010.

#2 Spesifikasi PC
Processor AMD Athlon(tm) II X2 255 Processor 3.10 GHz
RAM 2.00 GB
Hardisk 320 GB

#3 Soundcard 
Steinberg ci2+ usb Audio Interface

#4 Kabel Jeck
Jeck :Neutrik
Kabel : Canare 3m

#5 DAW
Cubase Ai6 (Bonus Soundcard) + VST Amplitube (untuk efek gitar)

#6 Speaker 
Simbadda ---> Lupa serinya (^_^)

Kalau dilihat "Persiapan" ini bisa dibilang saya menggunakan alat seadanya yang membedakan mungkin soundcard nya yang memang baru saya beli minggu lalu. 

RENCANA Home recording


Pada poin ini, saya memiliki / memendam hasrat untuk menambah lagi peralatan yang ada dengan perangkat-perangkat penunjang lain. Berikut beberapa perangkat yang ingin saya tambahkan ke dalam list Home Recording

#1 Hardisk & RAM
Untuk hardisk saya ingin upgrade jadi 1TB dan RAM jadi 4GB

#2 Mic Condenser + Stand Mic
Untuk mic sendiri saya menargetkan menggunakan produk Samson C03. Stand Mic menyesuaikan saja.

#3 Headphone
Untuk headphone saya berencana menggunakan sennheiser HD 202

#4 Speaker Flat
Speaker flat saya tertarik dengan produk Samson.

#5 Gitar Bass
Mungkin dari merek Yamaha

#6 Gitar Akustik
Masih belum punya rencana untuk merek tertentu.

#7 Efek Gitar
Untuk meminimalisir biaya, saya berencana menggunakan efek digital bukan analog.
Sebenarnya masih banyak rencana yang lain tetapi setidaknya ini sudah mewakili dan menjadi acuan untuk tetap konsisten berkarya.

Namanya juga belajar pasti dimulai dari hal-hal sederhana malah kadang-kadang dengan perangkat seadanya. Sebab kalau kita menunggu alat-alat sementara kantong kita tipis kapan lagi kita akan memulainya. Semakin cepat semakin baik. Selain itu, saya yakin keberhasilan bukan semata-mata ditentukan oleh alat tetapi kembali ke diri kita sendiri. Bahkan ini jadi tantangan, "Bisa nggak saya menghasilkan karya yang bagus dengan peralatan yang seadanya?" Lagian saya belum pernah ada orang yang tanya, "Vokal lagu-lagu Ungu pakai mic merek apa?" atau "Apa sih spesifikasi PC untuk merekam lagu Dragonforce?" Yang terpenting tetap terus berkarya

Sekian dulu, postingan saya kali ini. Sampai jumpa di edisi home recording saya berikutnya.

Back To Top type='text/javascript'/>