Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Belajar menjadi komposer dengan Guitar Pro


belajar guitar pro, menjadi komposer, guitar pro
Di zaman  teknologi yang serba canggih ini banyak bermunculan sotfware-software yang memudahkan kita dalam berkarya. Begitupun yang terjadi dengan industri musik. Setiap hari bermunculan software baru yang menawarkan kemudahan yang dapat membantu kita dalam bekerja. 

Software yang ingin saya bicarakan kali ini adalah software guitar pro.


Dengan software ini Anda tidak lagi membeli kertas dan menuliskan not balok di atas kertas tetapi langsung masuk pada menu-menu yang ada di sana. Pilihan suaranya pun beraneka ragam, jadi memungkinkan untuk mengeksplor musikalitas Anda semakin luas. Dan yang paling penting kita perlu tahu baca not balok. (^_^)

Bila Anda belum punya softwarenya Anda dapat mendownload terlebih dahulu. Baca juga artikel saya Download Guitar Pro 5.2.

Setelah software itu terinstal di komputer/ laptopnya silahkan Anda perhatikan menu-menu yang ada di sana. Tidak semua menu di sana harus Anda kuasai. Baca juga artikel saya Menu-menu penting dalam guitar pro.

Kalau rekaman mungkin Anda memerlukan banyak peralatan, Guitar Pro hanya memberikan ruang kosong yang dapat Anda buat menjadi aransemen musik sendiri. Walaupun nanti Anda akan masuk dunia rekaman, setidaknya Anda sudah punya bayangan atau gambaran yang jelas dari musik Anda.

Saya sendiri mulai belajar membuat aransemen menggunakan guitar pro sejak tahun akhir tahun 2011 lalu. Jadi bisa dibilang masih pemain baru sehingga dalam hal ini saya juga tidak bermaksud menggurui Anda karena kita sama-sama belajar. Di sini saya ingin membagikan pengetahuan saya kepada Anda. 

Saya sama sekali tidak mengerti teori musik secara formal. Saya mencoba menunjukkan kepada Anda bahwa semua orang bisa membuat aransemen sendiri dengan pengetahuan otodidaknya.

Sebagai bukti agar Anda percaya, silahkan simak video di bawah ini. Lagu ini tab saya buat di guitar pro 5.2. Jadi prosesnya dari guitar pro dulu kemudian kami coba mengikuti tabulature yang sudah dibuat. Setidaknya hal ini lebih efektif ketika Anda latihan sudah memiliki kerangka dan pedoman yang jelas.



Silahkan download tab guitar pro nya di sini
Ini adalah salah satu lagu favorit saya dan sempat diikutkan di kontes gitar beberapa waktu lalu.

Berikut video kontesnya 



Nah, jika selama ini Anda hanya berperan sebagai orang yang hanya mendowload file guitar pro kemudian memainkannya sekarang saatnya Anda bisa belajar membuat komposisi musik sendiri. Ini akan jauh lebih menarik karena kita bisa bereksperimen dengan banyak suara. Anda bisa membaca tulisan saya tentang tutorial singkat untuk membuat aransemen dengan guitar pro.


Buat teman-teman yang ingin belajar lebih jauh tentang cara membuat komposisi musik menggunakan guitar pro doakan semoga dalam waktu dekat ini saya bisa membuat ebook khusus untuk masalah ini. Untuk itu saya juga mohon saran-saran dan masukan dari teman-teman semua.



Back To Top type='text/javascript'/>