Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Bagaimana cara melatih fingering menggunakan 5 jari + Video

cara cepat bermain, melatih petikan, teknik bermain gitar, teknik petikan 5 jari, tips,

Halo teman-teman, jumpa lagi. Kali ini, saya akan sharing sedikit tentang bagaimana cara melatih fingering menggunakan 5 jari dalam gitar klasik (fingerstyle). Saya akan mencoba membawa Anda berlatih fingering dengan menggunakan 5 jari sekaligus. 


Menurutku, hal yang paling mengasyikkan dari bermain fingerstyle adalah memainkan harmoni antara rytem, bass dan melody menjadi satu kesatuan dalam satu gitar. 

Sekarang ini kalau kita lihat, jarang sekali orang memainkan gitar dengan menggunakan teknik petikan/fingering. Hal ini mungkin juga dikarenakan musik yang lagi booming pada saat ini tidak banyak yang menggunakan teknik-teknik petikan.

Beberapa waktu lalu saya sempat ditanyai oleh teman saya, bagaimana melatih fingering untuk bermain gitar klasik? Saya sendiri sebenarnya bingung mau menjawabnya karena saya sama sekali  tidak pernah ikut les gitar apalagi gitar klasik.

Tetapi dulu waktu saya SMA, saya diberi tahu oleh kakak tingkat bagaimana melatih jari kanan untuk memetik dengan 5 jari. Kalau dirumuskan ya kurang lebih sebagai berikut :

jari kelingking = senar 1
jari manis = senar 2
jari tengah = senar 3
jari telunjuk = senar 4
ibu jari = senar 5 dan 6

Nah, mengapa penempatan jari pada senar ini penting sebab dengan adanya pembagian seperti di atas memudahkan kerja jari-jari kita. Bayangkan kalau kita hanya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk saja. Apakah itu salah salah? Tentu saja tidak tetapi kita harus memperhatikan segi teknisnya.

Setelah kita tahu bagaimana posisi jari-jari kita pada senar, lalu bagaimana cara melatihnya?

Anda bisa menyimak video saya di bawah ini. 

Catatan : Karena saya menggunakan gitar elektrik maka mempengaruhi fingering karena jarak antara senar saling berdekatan. Kalau menggunakan gitar akustik nilon, Anda akan sedikit mudah mempraktekkannya.




Lalu kira-kira lagu apa yang cocok untuk melatih teknik tadi?

Dulu ketika pertama kali mencoba belajar lagu-lagu klasik, lagu pertama yang bisa saya mainkan adalah Minuet in G. Lagu ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Anda bisa searching di www.ultimate-guitar.com atau tembang dari dalam negeri contohnya “Semua Tentang Kita – Peterpan.

Ini tab sederhana untuk melatih teknik fingering Anda
cara cepat bermain, melatih petikan, teknik bermain gitar, teknik petikan 5 jari, tips,
Kalau Anda belum paham dengan tab di atas silahkan membaca artikel cara membaca tab

Nah, sekarang mulailah menggerakkan kelima jari-jari Anda. Memang awalnya susah tetapi kalau sering dilatih dan giat berlatih tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.


Sekian dulu, postingan saya kali ini bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar Anda. Semoga postingan kali ini bermanfaat.
Back To Top type='text/javascript'/>