Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Inspirasi : Wawancara bersama Matt Heafy (Trivium)


Matt Heafy, Metal, trivium, wawancara, inspirasi,
Matt Heafy
“I use no pedal, no channel switching, nothing. Just a guitar and one channel.”(Matt Heafy)


       Halo para penggila musik metal pasti tahu band “Trivium”. Yup band asal Ohio, US ini sepertinya tidak asing di telinga para pecinta music metal terutama Heavy Metal. Ada 5 album studio yang telah berhasil mereka rilis sejauh ini sejak berdirinya di tahun 1999. Yang paling menonjol menurut saya pribadi dari setiap albumnya adalah steman gitar mereka yang berbeda-beda. Sebut saja album pertama mereka “Ember to Inferno” mereka menggunakan steman standard an beberapa lagu di drop D, sementara di album kedua “Ascendency” menggunakan drop D tetapi ketika menelurkan album “Crusade” kembali dengan steman standar E. Album “Shogun” mereka berekperimen dengan gitar 7 string dan album “In Waves” menggunakan drop C#. Selalu ada eksperimen di setiap albumnya dan mereka tidak menutup diri untuk mencoba sesuatu yang baru. Terbukti di album In Waves mereka kembali bereksperimen dengan steman drop padahal di album Shogun sebelumnya banyak para kritikus music yang memuji album tersebut toh mereka tidak stak di area itu. Ini semua tidak terlepas dari peran para personilnya. Berikut petikan wawancara dari frontman mereka, gitaris sekaligus vokalis Matt Heafy yang dirangkum dalam ulasan berikut. Maaf kalau masih ada kalimat yang sulit dipahami, karena ini terjemahan dari situs guitarworld.com.
1.  Jadi bagaimana Anda akan menggambarkan gaya Anda bermain?

Itu sesuatu yang sekarang kami cari tahu lagi dan lagi, Anda tahu peran kami masing-masing dalam band, sehingga ketika kita melakukan recording berikutnya akan menjadi lebih akurat. Aku pikir hal besar dalam permainan gitarku adalah fusion antara melodic death metal dan metal serta style thrash di tangan kanan tetapi tidak thrash di tangan kiri. Aku tidak yakin dengan tangan kiri thrash yang umumnya diwarnai dengan power chords tetapi lebih ke arah melodi yang baik terjadi dengan tangan kiri dengan pendekatan seperti thrash metal di sebelah kanan, kurasa. Jadi, tangan kiri itu death metal yang terinspirasi oleh band-band seperti 'Iron Maiden', 'Judas Priest' dengan tangan kanan terinspirasi oleh band-band seperti 'Slayer' dan 'Pantera'. Aku kira dengan band-band yang lebih baru seperti 'Death', seperti pendekatan tangan kanan 'Death' dan pendekatan tangan  kiri old school seperti 'In Flames' atau 'At The Gates' atau yang lainnya. Aku kira bahwa melodi dan catchy dapat terdengar seperti sebuah lagu dengan satu gitar –itulah alasannya bagaimana aku mencoba untuk menulis rhytem dan lead aku. Aku bermain solo melodic lebih baik daripada shredder. Aku meninggalkan semua bagiannya (red. Shred) ke Corey [Bealieu]. Meskipun aku dapat melakukannya, jadi aku melakukannya kadang-kadang.

2.  Jadi kalian terkenal memiliki solo yang keren dalam lagu Anda dengan harmoni dua gitar. Bagaimana kalian menempatkannya secara bersama-sama dengan solo Anda?
Setiap album berbeda. 'Ascendency', kita cukup banyak merencanakan setiap single solo, "Crusade" Aku pikir kita semua diimprovisasi dan menghafalnya dari sana. 'Shogun' bagian per bagian. Selanjutnya aku pikir aku akan melakukannya lebih seperti yang aku lakukan dengan 'Shattering...' di mana aku merencanakannya dan aku pikir perencanaan adalah cara terbaik bagiku. Untuk benar-benar membuat solo menjadi sebuah lagu dan membuat sesuatu yang istimewa.

3.  Ketika Anda menempatkan bersama-sama ada elemen kunci yang Anda cari dalam sebuah solo yang Anda coba dan memasukkan ke dalamnya?
Ya, harus mampu menjadi identifikasi dengan sendirinya. Ada begitu banyak yang dapat dimainkan enam miliar not per detik tetapi sangat sulit untuk memilih yang mana, siapa pemain gitarnya. Maksudku, seperti Mike Amott ('Arch Enemy'). Bagiku, jika aku mendengar solo dari Mike Amott Aku selalu tahu itu seperti phaser halus pada solo dan sesekali menggunakan wah dan melodi yang benar-benar terbuka. Aku merasa seperti aku menemukan semakin banyak gaya soloku, itu adalah semacam penggabungan kurasa blues/ old school Heavy Metal berdasarkan solo tetapi dengan sesekali seperti [John] Petrucci-esque [dari 'Dream Theater'].

4.  Jadi ceritakan tentang endorser Anda, Anda telah di endorse beberapa tahun belakangan ini. Siapa saja?
Aku sekarang  100% diendorse oleh gitar Gibson Les Paul Custom, Explorers 7-string dan SG300 akustik. Marshall, aku menggunakan JVM210H dan cab 1960 BB., Dunlop untuk string, pick, aksesoris, strap, kunci strap dan EMG pick up ... dan aku percaya itu saja. And my rig nowadays is just my guitar into a head that goes straight into the PA so I don’s actually use a cab or mic or anything. I use no pedal, no channel switching, nothing. Just a guitar and one channel.

5.  Siapa yang Anda  mengendorse sebelumnya apa yang membuat anda berubah?
Ketika aku pertama kali mulai tur aku bermain Gibson dan Peavey, Peavey karena aku menggunakan head Peavey dengan Marshallcab, Marshall cab karena aku sudah memilikinya sejak masih anak-anak. Amp pertama yang ku beli aku pikir adalah Marshall valve-state, jadi aku membeli Marshall setengah tumpukan pertama, tapi untuk tur, Peavey karena Jason [Suecof] menggunakan Peavey di studio dan memiliki sound yang keren dan mudah untuk menemukan untuk sound kami. Kami berasal dari sebuah band kecil pada waktu itu sehingga Gibson tidak siap atau bersedia untuk bekerja dengan kami dan kami didekati oleh Rita Hainey dan Dean Zelinsky untuk bergabung Dean [Guitars]. Kami bergabung dengan Dean untuk sementara dan kami diperlakukan dengan sangat baik pada saat itu. Dean [Zelinsky] kemudian melepaskan Dean [Guitars] dan dia adalah orang yang sebagian membawa kami dan ia adalah orang yang menciptakan gitar kami. Pada saat itu Gibson secara ajaib menghubungi kami dan mereka berkata 'kami ingin bekerja dengan Anda dan jadi itu adalah mimpiku untuk bersama dengan mereka. Jadi, mantan endorse kami adalah Peavey dan Dean, aku pikir itu tapi Corey masih memainkan Head Peavey , Marshall cab dan Jackson gitar.
6.  Jadi apa yang membuat Gibson khusus untuk Anda? Apa yang Anda sukai tentang mereka gitar?
Bagiku, itu perusahaan gitar terbaik. Itu perusahaan gitar pertama yang pernah kucintai. Aku sudah melihat pabrik Gibson dan menonton jumlah tangan yang bekerja membuatnya. Maksudku lis putih di sekitar gitar sebenarnya diukir tangan manusia, yang gila karena kebanyakan perusahaan gitar, dibuat dengan mengambil tangan mereka dan mendorong sepotong kayu melalui mesin dan gitar keluar sisi lain. Aku telah melihat dalam banyak perusahaan yang berbeda. Ini semua turun ke kualitas dan Les Paul yang aku punya sejak aku berusia 13, 14 masih ku gunakan sekarang. Jadi aku kira pada akhirnya itu semua tentang preferensi pribadi, tapi bagi aku itu pilihan pribadi dan kualitas dan pasti berkualitas tinggi.

7.  Jadi kapan anda latihan seperti ketika Anda berada di jalan saat tour dan sehabis tour?
Di jalan, setidaknya selalu melakukan pemanasan selama 5-15 menit sehari dan aku selalu menggunakan John Petrucci 'Rock Disiplin warmups'. Aku benar mengatakan kepadanya secara pribadi untuk pertama kalinya di-download fest. Aku telah menggunakan sejak aku masih sekitar 16. Aku, tidak sebaik dia tetapi aku masih melakukan pemanasan dengan itu, cobalah untuk setidaknya. Jika akuada waktu lebihaku hanya bermain selama satu jam atau dua jam atau kapan atau berapa lama. Di rumah, aku melakukan lebih lama bermain jamming dan menulis, itu bukan berlatih untuk belajar sesuatu yang baru tetapi jika merasa bahwa aku perlu, aku akan melakukannya dan aku akan duduk di sana dengan metronom dan gitar klasik, pedal,. Tapi itu hanya tentang jamming dan writting dan mencoba dengan riff terbaik untuk record berikutnya.

8.  Jadi, ketika Anda masih kecil, seberapa sering anda latihan? Apakah Anda berlatih dengan keras seperti orang gila?
Oh tidak sama sekali, tapi aku banyak berlatih. Kadang-kadang tidak sama sekali, kadang-kadang 5-6 jam sehari, jika ada waktu  seperti di akhir pekan atau libur sekolah atau libur yang lain aku bermain sepanjang hari.

9.  Jadi kiat apa yang akan Anda sarankan pada gitaris pemula?
Jika Anda seorang pemain gitar, ya Anda tahu apa pun mungkin, semua hal gila ini yang manusia lakukan adalah mungkin, ambil waktu untuk belajar dan berlatih kemudian Anda berlatih dengan cara anda. Tapi jika Anda berada di band dan membuat musik, pertama tentang lagu, hal-hal brutal yang lain di tempatkan di akhir dengan  cara seperti itu penikmat musik Anda dapat menikmati juga .
Back To Top type='text/javascript'/>