Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

11 tips agar tidak bosan bermain gitar

11 tips agar tidak bosan bermain gitar


Apakah anda merasa bosan bermain gitar apalagi malah punya pikiran untuk berhenti bermain gitar? Atau pada kesempatan lain anda merasa putus asa untuk bermain gitar karena anda merasa skill anda gak berkembang dan stak di zona itu-itu saja?

Apalagi ditambah banyak kesibukan lain seperti pekerjaan dan tugas-tugas sekolah yang membuat kita tidak punya waktu untuk menyentuh gitar kita? Kalau anda pernah merasa seperti itu, berarti kita punya masalah yang sama sob. Saya juga mengalami dan merasakan perasaan yang sama. Tapi kalau kita pernah membaca tentang beberapa artikel tentang cara para dewa gitar di luar sana tentu kita akan akan tahu bahwa mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk dan bermain bersama gitarnya. Apakah mereka membeli kursi yang ada lemnya sehingga mereka enggan beranjak dari sana? Tentu saja jawabannya tidak.

bosan, diskusi, gitar, improvisasi, Jamming, lesson, Rekaman, tips, tips bermain gitar, bosan bermain gitar


Pada artikel saya sebelumnya pernah saya bahas tentang cara mengatasi kejenuhan dalam bermusik, berikut ini saya juga akan menampilkan beberapa tips yang mungkin dapat membangkitkan kembali hasrat kita untuk kembali bermain gitar. Perlu diingat bahwa melakukan apa pun pasti ada pengorbanannya. Pengorbanan kali ini adalah waktu, jadi sebelumnya mempraktekkannya ada baiknya melihat kondisinya dulu agar nantinya “Kencan” kita tidak terganggu. Berikut beberapa tipsnya.

1. Istirahat dulu


Hal pertama ketika kita merasa bosan adalah istirahat sebentar. Entah itu untuk keluar membasuh muka atau mandi (bagi yang belum mandi). Kenapa istirahat itu penting, supaya otot-otot kita tidak terlalu tegang. Istirahat juga adalah salah satu cara agar kita punya kesempatan untuk melihat sejauh mana latihan kita hari. bahkan pengalamanku sendiri istirahat beberapa hari karena sakit ternyata tidak hanya membuat jari terasa enteng juga rasa kangen untuk bermain pun bisa jadi lebih bergairah.

2. Lihat Video


Melihat video adalah salah satu media pelajaran yang efektif. Entah itu ketika kita terlalu capek bermain sehingga bingung mau ngapain, menonton bisa jadi alternatif pelepas lelah dan sarana hiburan tersendiri. Video di sini bisa saja video live perform , tutorial/lesson, atau video-video lainnya . Biasanya akan timbul hasrat atau merasa terpacu dengan pencapaian orang-orang yang ada di video itu. Baca juga tips dan motivasi belajar gitar bagi pemula.

3. Belajar teknik yang baru


Selain menambah perbendaharaan teknik kita, belajar teknik baru juga menambah variasi kita dalam bermain supaya tidak bosan. Bahkan kita dapat mengembangkan gabungan-gabungan teknik baru dari situ. Jadi, tanamkan pada diri kita ada banyak teknik yang harus kita pelajari.

4. Belajar scale baru


Selain belajar teknik baru, anda juga bisa belajar scale-scale baru. Ada banyak scale yang bertebaran di dunia gitar seperti Pentatonic scale,Balinese scale, Japanese scale, Arabic scale, dll. Gabungan teknik dan scale ini bisa memungkinkan anda menciptakan variasi baru, contoh Balawan dengan teknik 8 finger dan nuansa balinya.

5. Jamming


Setelah belajar teknik dan scale, sangat efektif untuk belajar menerapkannya ke dalam permainan kita supaya kita bisa langsung tahu dan merasakan pengalamannya sendiri, ada banyak situs yang memberikan backing tracknya untuk kita berlatih jamming dan dapat di download dengan gratis. berlatih jamming ini juga memungkin kita untuk berlatih improvisasi

6. Rekaman


Rekaman di sini, bukan berarti anda harus rekaman di studio rekaman. Bila anda punya computer bisa menggunakan software simple seperti yang saya gunakan Adobe Audition 1.5, atau Cool edit pro. Ini berguna untuk mengabadikan ide-ide yang mungkin muncul ketika anda jamming atau iseng-iseng njreng-njreng. Bila anda kita tidak sempat atau tidak ada konverternya anda bisa merekam permainan anda menggunakan HP. Di android anda bisa menginstall aplikasi Hertz yang bisa anda download gratis di google play. Untuk aplikasi yang mendukung permainan gitar kita akan saya ulas kapan-kapan.

7. Buat Video Narsis


Nah, yang ini juga bisa jadi sarana kita melihat permainan kita secara visual. Kalau bisanya orang yang melihat kita bermain, dengan video ini kita juga dapat melihat seperti apa kita bermain. Ya itung-itung buat refreshing. Bahkan dengan media seperti youtube anda berkesempatan terkenal di dunia maya, contohnya video dubbing Sinta dan Jojo.

8. Diskusi


Hal ini bisa sangat penting karena anda bisa berinteraksi dengan para pakarnya gitar. Selain anda mendapatkan pengetahuan baru, diskusi juga memungkinkan anda untuk bertanya dan mensharingkan karya anda untuk dinilai oleh orang lain.

9. Belanja


Kalau ini, tidak harus anda lakukan karena tergantung dengan budget masing-masing. Belanja efek atau senjata baru memungkinkan anda untuk mengeksplorasi lebih jauh lagi kemampuan anda yang jelas tidak mungkin anda langsung merasa bosan dengan senjata baru anda apalagi hal tersebut sudah jadi impian sejak lama.

10. Rekreasi


Rekreasi adalah bentuk lain dari istirahat tapi ini bersifat lebih rileks lagi karena anda bisa berpergian keluar, bahkan menonton konser-konser band-band atau gitaris anda unjuk kebolehan atau sekedar nongkrong dan hang out bersama teman-teman.

11. Berdoa


Nah, yang tidak kalah pentingnya adalah berdoa agar kita bisa lebih berkembang lagi.

Yup, itulah yang beberapa tips yang mungkin bisa saya sharingkan, semoga bermanfaat.

Back To Top type='text/javascript'/>